10 April 2017 11:44 wib
  • pendidikan

LOMBA DEBAT DALAM BAHASA ASING

Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sumatera Utara menyelenggarakan Lomba Debat dalam Bahasa Arab dan Inggris pada hari Rabu 23 Maret 2017 bertempatdi Aula Lantai II Gedung Abdullah ShalehAr-Rasyid Al-Humaid. Kegiatan yang masuk dalam POK Pusat Pengembangan Bahasa tahun 2017 ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berdebat dengan menggunakan Bahasa Arab dan Inggris serta memperluas wawasan mereka terkait dengan isu-isu yang berkembang pada akhir-akhir ini. Di samping itu, lomba ini juga bertujuan sebagai ajang seleksi untuk menentukan utusan UIN Sumatera Utara pada kegiatan Pekan Ilmiah, Seni dan Riset (PIONIR) VIII antar PerguruanTinggi Keagamaan Islam tingkat nasional yang akan diadakan di UIN Ar-Raniry Banda Aceh dari tanggal 26 s.d 30 April 2017 mendatang. Bertindak sebagai dewan juri pada kegiatan Lomba Debat Bahasa Arab Syeikh Hussein Mohammed Galethi (Dosen Tamu dari Arab Saudi) dan Dr. H. Harun Ar-Rasyid M.A. Sedangankan juri Debat Bahasa Inggris adalah Dr. Phil. Zainul Fuad,M.A dan Dr. Muhammad Dalimunthe, M.Hum.

Turut serta dalam kegiatan lomba ini 5 kelompok mahasiswa untuk Bahasa Arab dan 7 kelompok mahasisiwa untuk Bahasa Inggris, setiap kelompok terdiri dari dua peserta. Tema debat mengacu kepada juknis PIONIR VIII adalah Kerukunan dan Resolusi Konflik. Setiap kelompok diwajibkan untuk membuat makalah sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Kemudian mengajukan gagasan dalam acara debat untuk kemudian didebat oleh kelompok lainnya.

Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sumatera Utara, Ali Akbar, M.Ag, dalam sambutannya pada penutupan lomba menyatakan merasa puas atas terselenggaranya kegiatan lomba debat dan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berperan atas terselenggaranya kegiatan ini. Beliau juga merasayakin bahwa utusan UIN SU untuk cabang lomba Debat BahasaAsing pada ajang PIONIR VIII di Banda Aceh nanti akan berkontribusi positif dalam mengharumkan nama UIN SU.