16 April 2019 12:03 wib
  • kerja-sama

Universitas Islam Negeri Suamtera Utara menerima kunjungan dari universitas muhammad bin sa’ud al-islamiyah riyadh Kerajaan Saudi Arabia dalam rangka penjajakan kerjasama antara kedua Institusi pada hari Kamis tanggal 4 April 2019 di Ruang Sidang Lantai II Gedung Rektorat Kampus II Universitas Islam Negeri Suamtera Utara Medan.

Kedatangan Delegasi Universitas Muhammad Bin Sa’ud Al-Islamiyah merupakan kunjungan balasan terhadap kunjungan delegasi UIN SU Medan pada tahun 2017 yang bertujuan untuk melakukan penjajakan kerjasama yang dapat dijalin antara UIN SU Medan dengan Universitas Muhammad Bin Sa’ud Al-Islamiyah Riyadh dalam bidang Pengajaran Bahasa Arab dan Kajian Keislaman.

Dr. Hadzal Al-‘Utaiby (Direktur Urusan Lembaga-Lembaga di Luar Negeri Universitas Muhammad Bin Sa’ud Al-Islamiyah Riyadh) team leader dari delegasi Universitas Muhammad Bin Sa’ud Al-Islamiyah Riyadh bersama rombongan yang didampingi oleh Dr. Ghazi Al-Sadhan (Direktur LIPIA Jakarta), Dr. ‘Ayid Ash-Sha’idy (Direktur LIPIA Medan). Beliau mengatakan terimasih atas sambutan hangat UIN SU atas kunjungan ini dan sangat bahagia dan bangga melihat keadaan kampus UIN SU serta menyampaikan salam dari Rektor Universitas Muhammad Bin Sa’ud Al-Islamiyah Riyadh bagi pihak UIN SU, karna orang Indonesia memiliki tempat khusus di hati rakyat Kerajaan Saudi Arabia. Dr. Hadzal juga mengatakan kedepannya akan dijalin kerjasama di bidang Pembelajaran Bahasa Arab dan Kajiaan Keislaman melalui Kedutaan Kerajaan Saudi Arabia di Jakarta atau LIPIA.

Dr. Ghazi menambahkan dalam waktu dekat mengharapkan pihak UIN SU menyiapakan dokumen kerjasama dan dikirimkan ke Jakarta sebelum dilaksanakan penandatangan MoU.

Hadiri dalam pertemuan ini Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Prof. Dr. Saidurrahman, M.Ag, Kepala Biro AUPK UIN SU Dr. H. Tohar Bayoangin, M.Ag, Kepala Biro AAKK UIN SU Dr. H. Dur Berutu, MA, Dosen Tamu Syeikh Majid Al-‘Anazi, Kepala Pusat pengembangan Bahasa UIN SU Ali Akbar Simbolon, M.Ag, Kepala Pusat layanan Intersional UIN SU Dr. Muhammad Habibi Siregar, MA, dan para Dekan di lingkungan UIN SU Medan serta beberapa Pegawai dan Dosen UIN SU.