Kolaborasi Puspesa UIN SU dan Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara

Sebagai bentuk komitmen kerjasama antara Pusat pengembangan Bahasa (Puspesa) UIN SU dan Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara adalah terwujudnya kerjasama dalam timbal balik antara keduanya. Pertukaran pakar ahli, fasilitas dan program menjadi momentum keterlibatan antara dua pihak. Pada hari Rabu tanggal 03 Oktober 2024, Tim Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara berkunjung ke Puspesa UIN SU dalam beberapa agenda yang diterima langsung Kepala Puspesa UIN SU.

Dalam kunjungan Balai Bahasa Provinsi yang diwakili Ibu Metty dan Hesty menegaskan bahwa kunjungan ini merupakan diskusi dalam penguatan program-program yang terus digalakkan mitra kerjasama dengan Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara. Balai Bahasa pada akhir bulan Oktober 2024 akan menyelenggarakan seminar sebagai bentuk respon dan sosialisasi bahasa Indonesia sebagai bahasa yang resmi oleh UNESCO. Dalam kegiatan ini Puspesa dilibatkan dalam pengiriman peserta dalam mensukseskan kegiatan tersebut.

Kepala Puspesa UIN SU, Prof. Dr. Watni Marpaung, MA, didampingi Kordinator Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) Budiman, M.Pd, menyatakan bahwa keterlibatan Puspesa UIN SU dalam kegiatan Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara sangat intens dan saling mensupport. Puspesa UIN SU dalam melaksanakan kegiatan Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) dalam waktu dekat untuk mahasiswa menghadirkan narasumber Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera, Bapak Hidayat dan tim. Tahun demi tahun kegiatan terus berjalan dengan kesinambungan yang positif dan saling memberikan manfaat.

Kolaborasi kerjasama Puspesa UIN SU dan Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara setidaknya perwujudan dari eksistensi dan kontribusi UIN SU di tengah masyarakat dalam tingkat lokal dan internasional. Terlebih lagi UIN SU menuju kampus yang smart dan unggul menjadi tujuan utama yang harus ditopang semua fakuktas dan unit dalam kapasitas dan tufoksi masing-masing, tegasnya.[]