Silaturahim Kolaborasi P2B UIN Syahada Padang Sidempuan

Pusat Pengembangan Bahasa (Puspesa) UIN SU mendapatkan kunjungan silaturahim dari Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) UIN Syahada Padang Sidempuan pada hari Senin (23/10/24) di Gedung Puspesa UIN SU. Setidaknya, ada 5 tamu undangan yang berkunjung Dr. Eka Sustri Harida, M.Pd (Kapus P2B), Afrina Refdianti, MA (Kordinator TOAFL). Liah Rosdiani Nasution. MA (Kordinator TOEFL), Ade Yanti, M.Pd (Dosen B. Inggris P2B), Anna Maria. S.Pd (Dosen B. Arab P2B). Kunjungan ini diterima dengan baik tim Puspesa UIN SU. Dr.(C) Syamsul Haq, Aisyah, M.Pd dan Nopi, SE.

Dalam sambutannya Kapus P2B UIN Syahada Dr. Eka menyatakan bahwa kunjungan ini merupakan kunjungan yang telah dirancang dan direncanakan dengan Kapus Puspesa UIN SU. Prof. Watni 3 bulan yang lalu. Kegiatan ini awalnya dalam program pengiriman peserta Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) untuk para dosen P2B UIN Syahada. Selain itu, studi banding dalam melihat program dan fasilitas Puspesaa UIN SU yang telah berjalan.

Kordinator Bahasa Arab Puspesa UIN SU, Dr. (C) Syamsul Haq) dalam diskusi dengan Dr. Eka dan tim menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan TOAFL dan TOAFL berjalan secara simultan dan terjadwal. Terlebih lagi dengan ketentuan sidang meja yang harus menyertakan sertifikat TOAFL dan TOEFL menjadi satu keniscayaan. Selajutnya. Tim Puspesa UIN SU juga mempersilahkan para tamu untuk melihat fasilitas pembelajaran dan fasilitas lainnya.

Kepala Puspesa UIN SU, Prof. Dr. Watni Marpaung, MA, menegaskan bahwa kunjungan P2B UIN Syahada memiliki makna tersendiri:

Pertama, Kunjungan P2B merupakan jalinan kerjasama yang telah terjalin dengan baik dan terus saling mendukung dalam beberapa aspek program.

Kedua, Satu program yang akan berjalan adalah kolaborasi Seminar bahasa terkait Bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa yang telah dilegalkan UNESCO dalam sidang Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) yang diselenggarakan Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara yang bagian pesertanya adalah Pusesa UIN SU dan P2B UIN Syahada.

Ketiga, menghubungkan P2B UIN Syahada dengan Balai Bahasa Provinsi Sumatera Utara dalam pelatihan BIPA untuk para dosen yang telah dipersiapkan pihak P2B UIN Syahada.

Keempat, Bangunan kerjasama antara Puspesa UIN SU dan P2B UIN Syahada setidaknya akan terus bergerak pada momentum strategis seperti kolaborasi festival bahasa dalam menyemarakkan hari bahasa dan kolaborasi budaya.

Semoga silaturahim kolaborasi ini dapat memberikan manfaat pada kedua belah pihak dalam memberikan pelayanan terbaik dalam bentuk program dan fasilitas. tegasnya.[]